Pages

Selasa, 16 Oktober 2012

Faktor "X" itu ada

kali ini gua mau ngebahas tentang "kegagalan" yang gua alamin akibat faktor "X" ini. faktor "X" itu sebenarnya cuma sebutan gua aja untuk hal-hal yang bisa membuat kita gagal dalam suatu hal tanpa sepemikiran kita seperti lupa berdoa,gugup,grogi,dan semacamnya lah...


Ya contohnya yang pernah gua alamin, setahun lalu saat gua UJIKOM nasional ya anak-anak SMK pasti tau lah apa itu UJIKOM. UJIKOM itu ujian (yang biasanya) praktek produktif atau kejuruan anak anak SMK dan ini menentukan kita layak lulus sekolah atau tidak juga,seperti UN cuma ini dalam bentuk praktek kejuruan. jadi dulu beberapa bulan sebelum ujikom itu dimulai gua udah persiapin segalanya dengan matang, dari belajar terus,latihan praktek,sampe ngajak ngobrol sama komputer nya biar akrab nanti pas ujikom dia ga macem-macem(baca:eror). hahaha #ngaco
alhasil dengan segala persiapan yang gua lakuin itu gua ngerasa yakin dan percaya diri dong pasti gua berhasil saat UJIKOM nasional itu. gak lama hari H itu tiba, hari yang menegangkan karena mempengaruhi kelulusan. tapi gua nyoba buat rileks karena yakin kalo materi yang bakal keluar itu udah gua kuasain sepenuhnya. tapi apa yang TERJADI??? berak aer,kecoa burig !! pas ujikom dimulai pertama-pertama gua disuruh krimping kabel sendiri dan disitu gua ngeBLANK!!! disaat temen temen gua yang lain udah selesai krimping kabel dan mulai konfigurasi client-server mereka masing masing,gua masih sibuk sama kabel gua. gua panik,coba cari bantuan,tapi superman ga dateng buat bantuin gua...#ngaco
setengah jam berlalu akhrinya gua berhasil juga krimping kabel dan mulai konfigurasi client-server dan alhamdulillah saat konfigurasi justru berjalan lancar dan akhirnya selesai dan gua dinyatakan lulus.
tapi setelah itu gua berfikir ko bisa gua hampir gagal,padahal gua udah yakin banget materi itu udah gua kuasain dan gua percaya diri ga akan ada masalah tapi yang terjadi gua malah ngeblank. disitu gua berfikir apa yang kurang dari persiapan gua,belajar udah,praktek udah, apa karena ga punya pacar jadi ngeblank...aaah ga punya pacar itu ga ngaruh #bego -_-. setelah berfikir berfikir ternyata gua melupakan 1 hal terpenting, yaitu "berdoa" ya selama sebelum ujikom dimulai gua selalu latihan latihan dan latihan tapi lupa berdoa dan itulah yang terjadi gua ngeblank. disitu gua mulai percaya kalo faktor "X" itu memang ada.
setahun berlalu kini gua udah mulai kuliah,ternya faktor "X" itu terjadi lagi. ya itu baru aja terjadi saat assesment Pengembangan Profesional. jadi model assesmentnya itu diskusi,semakin banyak ngomong (memberi masukan) semakin besar nilainya. nah kebetulan kelompok gua saat diskusi semuanya aktif ga ada yang diem aja,semua optimis dong pasti dapet nilai dasar,menengah sampe mahir. bener aja semalem itu nilai baru di upload dosen ke student portal,temen-temen sekelompok gua dapet nilai sesuai perkiraan yaitu dapet nilai dari dasar hingga mahir. gau semakin optimis dan percaya diri pasti nilai gua pun seperti itu,tapi apa yang terjadi??? kodok bunting,kecoa burig !!! nilai gua hanya dasar doang, gua bingung apa iya ini karena faktor "X" lagi.tapi faktor "X" yang apa kali ini...
gua ga terima,niatnya gua mau protes ke dosen mengenai nilai itu karena gua yakin gua harusnya dapet lebih dari itu. semoga aja dosennya yang salah masukin nilai,dan mudah-mudahan nilai gua sama seperti temen temen sekelompok gua yang lainnya. #amin . woyy bantuin amin dong !! :D 

tapi intinya gua mau beri tahu aja kalo, sekeras apapun kita berusaha,seyakin apapun kita,tetap masukkan kemungkinan faktor "X" itu dalam persiapan kita,karena...
"Faktor "X" itu memang ada..."

2 komentar:

  1. ane percaya faktor x..
    dan itu sering kita lupakan,
    kita itu terlalu sombong..
    seharusnya: doa, usaha, doa..

    BalasHapus
  2. nah itu dia, terkadang kita terlalu yakin atau sombong dan melupakan doa. padahal usaha tanpa doa adalah sia sia

    BalasHapus